Jumat, 12 Juni 2009

Layanan TV Lewat Ponsel Diuji Coba

Jumat, 12 Juni 2009 | 04:00 WIB

Jakarta, Kompas - Konsorsium Tren Mobile TV bekerja sama dengan Indosat, Kamis (11/6), mulai menguji coba layanan penyiaran televisi digital lewat telepon seluler. Jangkauan siaran TV digital yang menggunakan sistem DVB-H (digital video broadcasting–handheld) ini meliputi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Hal ini disampaikan Direktur Infokom Elektrindo Susilo H Sumarsono, salah satu anggota konsorsium tersebut, dalam acara peluncuran uji coba layanan itu di Indonesia Cellular Show di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis. Dalam uji coba DVB-H ini selain Tren Mobil TV juga dilakukan oleh konsorsium Telkom.

Untuk penyiaran DVB-H telah terpasang menara (tower) di Kebon Sirih berkapasitas 500 W yang akan ditingkatkan menjadi 1,2 kW. Pada tahap komersial tahun 2010 akan terbangun beberapa tiang pemancar lainnya, yaitu di Kebon Jeruk dan Sentul, serta daerah antara Bekasi dan Cikarang.

”Tren Mobile TV menyediakan 10 kanal siaran yang dapat dinikmati masyarakat melalui layanan TV digital pada ponsel,” kata Susilo menjelaskan.

Uji coba itu, kata Suharso W Sulistyo, Group Head Value Added Service Marketing Indosat, akan dilakukan hingga akhir tahun ini, bukan hanya aspek stabilitas teknis, tetapi juga proses bisnis, registrasi, dan pembayaran.

Akses layanan siaran TV digital ini dapat dilakukan antara lain oleh pengguna telepon genggam yang didukung layanan DVB-H seperti N-77 dan N-96. Untuk itu perlu dilakukan pengaktifan aplikasi DVB-H pada sarana tersebut.

Selain itu, layanan ini dapat diakses pengguna laptop yang dilengkapi sistem WiFi. Dengan sistem itu dapat dilakukan pelacakan hotspot Indosatnet.

Menurut Marketing and Programming Director Oke Vision Irwanto Hadikusuma, layanan melalui WiFi menggunakan sistem DVB-H merupakan yang pertama di dunia. (YUN)

Tidak ada komentar: