Jumat, 12 Juni 2009

Indosat Hadirkan Layanan Siaran TV Digital di Ponsel

Kamis, 11 Juni 2009


PT Indosat Tbk dan Konsorsium Tren Mobile TV menggratiskan layanan siaran TV digital pertama berstandar digital video broadcasting handheld pertama di Indonesia. Suharso, Group Head Value Added Service Marketing Indosat, menuturkan melalui layanan tersebut masyarakat sudah dapat mengakses informasi dari siaran TV di mana saja dan kapan saja melalui ponsel.

"Siaran TV digital ini dapat dinikmati secara gratis hingga akhir Desember 2009," ujarnya. Menurut dia, siaran tersebut dapat diakses oleh berbagai jenis ponsel dengan jenis dan tipe tertentu dari merek Nokia, LG, Samsung, Philips, Gigabyte (G-smart), Sagem, dan ZTE.

Kerja sama tersebut mengandalkan jaringan frekuensi radio kanal 24 ultra high frequency dan melalui jaringan hotspot atau Wi-fi IndosatNet di berbagai lokasi umum seperti di mal, restoran, dan pertokoan.

Konsorsium Tren Mobile TV telah memancarkan 10 saluran siaran televisi bergerak digital yang dapat diterima peranti handset khusus menyusul rencana peresmian uji coba layanan mobile TV pada Juni.

Haris Jauhari, Pemrogram & Media Relations Konsorsium Tren Mobile TV, menuturkan siaran tersebut sudah berjalan dengan 10 saluran, yaitu TPI, RCTI, Global TV, MNC News, MNC Entertainment, MNC Music, TVRI, Aljazeera, Bloomberg, dan CNN.

Menurut Haris, layanan tersebut digratiskan bersamaan dengan pelaksanaan uji coba di bilangan Kebon Sirih wilayah Jakarta Pusat menggunakan pemancar berdaya 500 watt (digital) yang ke depannya akan ditingkatkan menjadi antara 1,2 kilowatt dan 3 kilowatt. "Pada saatnya ini menjadi 5 kilowatt untuk dapat menjangkau Jabodetabek," jelasnya kepada Bisnis.

Konsorsium merumuskan model bisnis layanan tersebut, termasuk memperhitungkan keunggulan kompetitifnya dan menguji teknisnya.

Keunggulan dari siaran TV digital ini terdapat pada kualitas gambar dan suara yang lebih tajam dan jernih, apabila dibandingkan dengan siaran TV berbasis analog.

Akses layanan siaran TV digital ini dapat dilakukan antara lain oleh pengguna handset yang didukung layanan DVB-H seperti N77 atau N96 cukup dengan cara mengaktifkan aplikasi DVB-H dari handset dan otomatis handset akan melakukan searching frekuensi mobile TV.

Adapun, untuk pengguna laptop atau handset yang didukung Wi-Fi cukup dengan cara mengaktifkan fitur tersebut dan melakukan searching hotspot IndosatNet kemudian melakukan koneksi ke hotspot tersebut.

Sumber: Bisnis Indonesia

Tidak ada komentar: